Jumat, 24 Agustus 2012

SILABUS AKHLAK KELAS 3



Rounded Rectangle: S I L A B U S

MATA PELAJARAN:
AQIDAH AKHLAK
KELAS III SEMESTER 1
SILABUS


Nama Madrasah           : MIN/MIS
Mata Pelajaran              : Akidah-Akhlak
Kelas/Semester            : III (tiga)/ 1

Standar Kompetensi  : 1. Memahami kalimat thayyibah (takbir), Al-Asma al-Husna (al Adhim, Al Kabiir, al Karim dan Al      Malik)

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1
2
3
4
5
6
7
1.1. Mengenal Allah melalui kalimat thayyibah (Allahu Akbar)
§  Arti Allahu Akbar
§  Penggunaan kalimat takbir
§  Keistimewaan mengucapkan kalimat takbir
§  Hal-hal yang mengharuskan kita mengucap-kan kalimat takbir
§  Mengartikan kaimat takbir melalui lagu Allahu Akbar dan kerja berpasangan
§  Mengamati pemodelan penggunaan kalimat takbir
§  Membahas penggunaan kalimat takbir melalui kerja berpasangan
§  Mengerjakan LKS
§  Membahas keistimewaan mengucapkan kalimat tak-bir melalui kerja berpasang-an
§  Mendata hal-hal yang membuktikan bahwa Allah Maha Besar
§  Mendata hal-hal yang mengharuskan kita meng ucapkan kalimat takbir
§  Membuat rangkuman
§  Mengerjakan LKS
§  Mengartikan kaimat takbir
§  Menyebutkan penggunaan kalimat takbir
§  Menjelaskan keistimewaan mengucapkan kalimat takbir
§  Menunjukkan bukti bahwa Allah Maha Besar
Jenis
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Bentuk: 
Isian
Uraian
Performance
4 jam
Buku paket
Lagu takbir
Pemodelan siswa
LKS
1.2. Mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah yang terkandung dalam Al-Asma Al-Husna (al Adhim, Al Kabiir, al Karim dan Al Malik)
§  Lafal al Adhim, Al Kabiir, al Karim dan Al Malik
§  Arti al Adhim, Al Kabiir, al Karim dan Al Malik
§  Menghafal al Adhim, Al Kabiir, al Karim dan Al Malik
§  Wujud al Adhim, Al Kabiir, al Karim dan Al Malik
§  Membaca refrensi tentang sifat Allah
§  Mengucapkan kembali lafal al Adhim, Al Kabiir, al Karim dan Al Malik
§  Kerja berpasangan memberi arti al Adhim, Al Kabiir, al Karim dan Al Malik
§  Kerja berpasangan menghafal al Adhim, Al Kabiir, al Karim dan Al Malik
§  Bermain dengan kartu Al-Asma Al-Husna
§  Membahas tentang wujud Al Adhim, Al Kabiir, Al Karim dan Al Malik melalui hasil ciptaan-Nya
§  Tanya jawab
§  Membuat rangkuman
§  Mengrejakan LKS
§  Melafalkan 4 Al-Asma Al-Husna Ar Rozak, Al Mughniy, Al Hamid dan Asy Syakur
§  Mengartikan 4 Al-Asma Al-Husna Ar Rozak, Al Mughniy, Al Hamid dan Asy Syakur
§  Menghafalkan 4 Al-Asma Al-Husna Ar Rozak, Al Mughniy, Al Hamid dan Asy Syakur
§  Menunjukkan contoh sederhana bahwa Allah memiliki sifat al Adhim, Al Kabiir, al Karim dan Al Malik melalui hasil ciptaan-Nya
Jenis
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Bentuk: 
Isian
Uraian
Performance
4  jam
Buku paket
Kartu Al-Asma Al-Husna
Lingkungan sekitar
LKS


Standar Kompetensi  : 2. Beriman kepada Malaikat-Malaikat Allah

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1
2
3
4
5
6
7
2.1. Mengenal malaikat-malaikat Allah
§  Pengertian Malaikat
§  Nama-nama Malaikat beserta tugasnya
§  Penciptaan Malaikat
§  Sifat-sifat Malaikat
§  Perbedaan Malaikat dengan mahluk-makhluk lain
§  Hikmah beriman kepada Malaikat
§  Membaca Refrensi tentang Malaikat-Malaikat Allah
§  Bermain tepuk malaikat
§  Kerja berpasangan tentang pengertian Malaikat
§  Kerja berpasangan tentang nama-nama Malaikat beserta tugasnya
§  Bermain dengan kartu malaikat
§  Bermain dengan bendera malaikat
§  Bermain dengan puzel malaikat
§  Kerja berpasangan tentang penciptaan Malaikat
§  Kerja berpasangan tentanng sifat-sifat Malaikat
§  Diskusi keompok tentang perbedaan Malaikat dengan mahluk-makhluk lain (manusia, jin, hewan, dan tumbuhan
§  Diskusi kelompok tentanng keutamaan/Hikmah beriman kepada Malaikat
§  Membuat rangkuman
§  Mengerjakan LKS
§  Menjelaskan pengertian tentang Malaikat
§  Menyebutkan nama-nama Malaikat beserta tugasnya
§  Menghafal nama-nama Malaikat beserta tugasnya
§  Menjelaskan tugas-tugas Malaikat
§  Menjelaskan penciptaan Malaikat
§  Menyebutkan sifat-sifat Malaikat
§  Menjelaskan perbedaan Malaikat dengan mahluk-makhluk lain (manusia, jin, hewan, dan tumbuhan
§  Menyebutkan Hikmah beriman kepada Malaikat
Jenis
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Bentuk: 
Isian
Uraian
Performance

6  jam
Buku paket
Tepuk malaikat
Kartu
Bendera dan puzel
Hasil kerja siswa
LKS


Standar Kompetensi  : 3. Membiasakan akhlak terpuji

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1
2
3
4
5
6
7
3.1. Membiasakan sifat kasih sayang, dan taat dalam kehidupan sehari-hari
§  Arti dari sikap kasih sayang, dan taat
§  Contoh kasih sayang, dan taat
§  Cirri-ciri  orang yang kasih sayang, dan taat
§  Keuntungan memiliki sifat kasih sayang, dan taat
§  Akibat tidak memiliki sifat kasih sayang, dan taat

§  Membaca refrensi tentang sifat kasih sayang dan taat
§  Bertanya jawab tentang arti kasih sayang, dan taat
§  Mendata perbuatan yang termasuk sikap kasih sayang, dan taat
§  Mendata contoh sikap kasih sayang, dan taat kepada orang tua dan keluarga, guru dan teman
§  Bermain dengan TTS
§  Kerja berpasangan membahas tentang cirri-ciri  orang yang kasih sayang, dan taat
§  Kerja berpasangan membahas tentang keuntungan memiliki sikap kasih sayang, dan taat bagi dirinya dan orang lain
§  Presentasi hasil kerja
§  Kerja berpasangan membahas tentang akibat tidak kasih sayang, dan taat bagi dirinya maupun orang lain
§  Presentasi hasil kerja
§  Membuat rangkuman
§  Mengerjakan LKS
§  Menunjukkan pengertian kasih sayang, dan taat
§  Menyebutkan contoh kasih sayang, dan taat
§  Menyebutkan cirri-ciri  orang yang bersifat kasih sayang
§  Menyebutkan ciri-ciri orang yang bersifat taat
§  Menjelaskan keuntungan memiliki sifat kasih sayang
§  Menjelaskan keuntungan memiliki sifat taat
§  Menjelaskan akibat tidak memiliki sifat kasih sayang
§  Menjelaskan akibat tidak memiliki sifat taat

Jenis
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Bentuk: 
Isian
Uraian
Performance

6 jam
Buku paket
Perilaku teman
TTS
Pemodelan siswa
Perilaku diri sendiri dan teman
LKS
3.2. Membiasakan  berakhlak baik terhadap kedua orang tua dalam kehidupan sehari-hari melalui kisah Nabi Ismail a.s
§  Arti birul walidain
§  sikap birrul walidain
§  Ciri-ciri birrul walidain
§  Adab kepada orang tua ketika masih hidup
§  Adab kepada orang tua ketika sedang sakit
§  Adab kepada orang tua ketika sudah meninggal
§  Akibat tidak berbakti kepada kedua orang tua
§  Ahlak terpuji kepada orang tua
§  Contoh perbuatan sombong
§  Kisah Nabi Ismail a.s
§  Membaca refrensi tentang birul walidain
§  Mengartikan birul walidain melalui lagu bunda dan tanya jawab.
§  Bermain dengan TTS
§  Berbagi  pengalaman ten tang sikap kepada orang tua
§  Kerja berpasangan dan tanya jawab membahas contoh sikap birrul walidain melalui
§  Mengerjakan LKS
§  Membahas ciri-ciri orang yang memiliki sifat birrul walidain melalui kerja berpasangan
§  Menghafal do’a untuk kedua orang tua
§  Bermain dengan TTS
§  Membahas adab kepada orang tua ketika masih hidup melalui diskusi kelompok
§  Mengerjakan LKS
§  Membahas adab kepada orang tua ketika sedang sakit melalui diskusi kelompok
§  Mengahafal do’a untuk orang yang sedang sakit
§  Membahas adab kepada orang tua ketika sudah meninggal melalui diskusi kelompok
§  Mengahafal do’a untuk arwah
§  Menunjukkan contoh akibat tidak berbakti kepada kedua orang tua.
§  Membahas akibat tidak berbakti kepada kedua orang tua melalui tanya jawab
§  Membaca/menyimak kisah Nabi Ismail a.s
§  Mengambil hikmah dari kisah Nabi Ismail
§  Mengerjakan LKS
§  Mengartikan birul walidain
§  Menunjukkan contoh sikap birrul walidain
§  Menyebutkan ciri-ciri orang yang memiliki sifat birrul walidain
§  Menjelaskan adab kepada orang tua ketika masih hidup
§  Menjelaskan adab kepada orang tua ketika sedang sakit
§  Menjelaskan adab kepada orang tua ketika sudah meninggal
§  Menyebutkan do’a untuk orang sakit
§  Menyebutkan do’a untuk arwah
§  Menjelaskan akibat tidak berbakti kepada kedua orang tua
§  Mengambil hikmah dari kisah Nabi Ismail
Jenis
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Bentuk: 
Isian
Uraian
Performance
Unjuk kerja

6 jam

Buku paket AA
Pengalaman siswa
Prilakun siswa
VCD tentang kisah Nabi
Buku cerita
LKS




Standar Kompetensi  : 4. Menghindari akhlak tercela

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
4.1. Menghindari sikap durhaka kepada kedua orang tua melalui kisah Kan’an
§  Arti durhaka
§  Ciri-ciri orang yang memiliki sifat durhaka
§  Contoh sifat durhaka
§  Cara menghindari sifat durhaka
§  Akibat memiliki sifat durhaka
§  Kisah Kan’an

§  Menemukan pengertian durhaka kepada orang tua
§  Bermain dengan TTS
§  Membahas cirri-ciri orang yang memiliki sifat durhaka melalui kerja berpasangan dan bertanya jawab
§  Membahas contoh orang yang memiliki sifat durhaka
§  Diskusi kelompok membahas cara-cara menghindari sifat durhaka melalui
§  Bermain dengan TTS
§  Menjelaskan akibat memiliki sifat durhaka melalui diskusi kelompok
§  Membaca/menyimak kisah Kan’an
§  mengambil hikmah dari kisah Nabi Ismail melalui tayangan VCD dan membaca buku cerita
§  Mengerjakan LKS


§  Mengartikan sifat durhaka
§  Menyebutkan ciri-ciri orang yang memiliki sifat durhaka
§  Menunjukkan contoh orang yang memiliki sifat durhaka
§  Menyebutkan cara menghindari sifat durhaka
§  Menjelaskan akibat memiliki sifat durhaka
§  Mengambil hikmah dari kisah Kan’an

Jenis
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Bentuk: 
Isian
Uraian
Performance

6 jam
Buku paket
TTS
VCD
Buku cerita
LKS
Perilaku siswa

......... , …………………
Mengetahui,                                                                                                             Guru Mata Pelajaran,
Kepala Madrasah




_________________                                                                                              ________________________
NIP./NRK./NRK.                                                                                                      NIP./NRK./NRK.


Rounded Rectangle: S I L A B U S

MATA PELAJARAN:
AQIDAH AKHLAK
KELAS III SEMESTER 2
SILABUS


Nama Madrasah           : MIN/MIS
Mata Pelajaran              : Akidah-Akhlak
Kelas/Semester            : III (tiga)/ II

Standar Kompetensi   : 5 Memahami kalimat thayyibah (ta’awud), Al-Asma al-Husna (al Baathinu Al Waliyu al Mujibu dan Al    Wahhaab)

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
5.1.Mengenal Allah melalui kalimat thayyibah (ta’awud)
§  Kalimat ta’awud
§  Arti ta’awud
§  Penggunaan kalimat ta’awud
§  Keistimewaan mengucapkan kalimat ta’awud
§  Hal-hal yang mengharuskan kita mengucapkan kalimat ta’awud
§  Mengikuti ucapan guru melafalkan kalimat ta’awud
§  Mengartikan kaimat ta’awud melalui lagu dan kerja berpasangan
§  Mengamati pemodelan penggunaan kalimat ta’awud
§  Membahas penggunaan kalimat ta’awud melalui kerja berpasangan
§  Membahas keistimewaan mengucapkan kalimat ta’awud melalui kerja berpasangan
§  Mendata hal-hal yang mengharuskan kita meng ucapkan kalimat ta’awud
§  Membuat rangkuman
§  Mengerjakan LKS
§  Melafalkan kalimat Ta’awud
§  Mengartikan kaimat Ta’awud.
§  Menyebutkan penggunaan kalimat Ta’awud.
§  Menjelaskan keistimewaan mengucapkan kalimat Ta’awud.


Jenis
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Bentuk: 
Isian
Uraian
Performance
4 jam
Buku paket
Lagu takbir
Pemodelan siswa
Hasil kerja siswa
LKS
5.2.Mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah yang terkandung dalam Asma al Husna (al Baathin, Al Waliy, al Mujib dan Al Wahhaab)
§  Lafal al Baathin, Al Waliy, al Mujib dan Al Wahhaab
§  Arti al Baathin, Al Waliy, al Mujib dan Al Wahhaab
§  Contoh al Baathin, Al Waliy, al Mujib dan Al Wahhaab
§  Membaca refrensi tentang sifat Allah al Baathin, Al Waliy, al Mujib dan Al Wahhaab
§  Mengucapkan kembali lafal al Baathin, Al Waliy, al Mujib dan Al Wahhaab
§  Kerja berpasangan menemukan arti al Baathin, Al Waliy, al Mujib dan Al Wahhaab
§  Kerja berpasangan menghafal al Baathin, Al Waliy, al Mujib dan Al Wahhaab
§  Bermain dengan kartu Al-Asma Al-Husna
§  Membahas contoh sederhana bahwa Allah memiliki sifat al Baathin, Al Waliy, al Mujib dan Al Wahhaab melalui pengamatan terhadap alam sekitar
§  Membuat rangkuman
§  Mengrejakan LKS
§  Melafalkan 4 Asma al Husna al Baathin, Al Waliy, al Mujib dan Al Wahhaab
§  Mengartikan 4 Asma al Husna al Baathin, Al Waliy, al Mujib dan Al Wahhaab
§  Menghafalkan 4 Asma al Husna al Baathin, Al Waliy, al Mujib dan Al Wahhaab
§  Menunjukkan contoh sederhana bahwa Allah memiliki sifat al Baathin, Al Waliy, al Mujib dan Al Wahhaab melalui hasil ciptaan-Nya
Jenis
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Bentuk: 
Isian
Uraian
Performance

6 jam
Buku paket
Kartu Al-asma Al-Husna
Lingkungan sekitar
LKS


Standar Kompetenasi  : 6. Beriman kepada makhluk ghaib selain Malaikat

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1
2
3
4
5
6
7
6.1 Mengenal mahluk ghaib selain Malaikat (Jin dan syetan)
§  Pengertian Jin dan Syaitan
§  Penciptaan Jin dan Syaitan
§  Sifat-sifat Jin dan Syaitan
§  Kedurhakaan Jin dan Syaitan
§  Tujuan Jin dan Syaitan menggoda manusia
§  Cara-cara Jin dan Syaitan menggoda manusia
§  Cara menghindari dari godaan Jin dan Syaitan
§  Membaca refrensi tentang makhluk ghaib
§  Menemukan pengertian tentang Jin dan Syaitan melalui kerja berpasangan
§  Membahas tentang penciptaan Jin dan Syaitan melalui kerja berpasangan
§  Membahas sifat-sifat Jin dan Syaitan melalui kerja berpasangan
§  Membahas peristiwa dikeluarkannya Jin dan Syaitan dari surga
§  Diskusi kelompok tentang tujuan Jin dan Syaitan menggoda manusia
§  Mengerjakan LKS
§  Diskusi kelompok tentang cara-cara Jin dan Syaitan menggoda manusia
§  Diskusi kelompok Menyebutkan cara menghindari dari godaan Jin dan Syaitan melalui
§  Presentasi hasil kerja kelompok
§  Membuat rangkuman
§  Menyebutkan pengertian tentang Jin dan Syaitan
§  Menjelaskan penciptaan Jin dan Syaitan
§  Menyebutkan sifat-sifat Jin dan Syaitan
§  Menceritakan peristiwa dikeluarkannya Jin dan Syaitan dari surga
§  Menjelaskan tujuan Jin dan Syaitan menggoda manusia
§  Menjelaskan cara-cara Jin dan Syaitan menggoda manusia
§  Menyebutkan cara menghindari dari godaan Jin dan Syaitan
Jenis
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Bentuk: 
Isian
Uraian
Performance

6 jam
Buku paket
Hasil kerja siswa
Hasil kerja siswa
LKS
Standar Kompetensi  : 7. Membiasakan akhlak terpuji

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1
2
3
4
5
6
7
7.1. Membiasa-kan sikap rukun dan tolong menolong
§  Arti rukun dan tolong menolong
§  Contoh rukun dan tolong menolong
§  Cirri-ciri  orang yang rukun dan tolong menolong
§  Keuntungan memiliki sifat rukun dan tolong menolong
§  Akibat tidak memiliki sifat rukun dan tolong menolong
§  Praktek rukun dan tolong menolong
§  Adab kepada saudara yang lebih tua

§  Mengamati pemodelan dari sikap rukun dan tolong menolong
§  Bertanya jawab tentang arti rukun dan tolong menolong
§  Mendata perbuatan yang termasuk sikap rukun dan tolong menolong
§  Menemukan contoh sikap rukun dan tolong menolong kepada saudara dan teman
§  Bermain dengan TTS
§  Mengamati pemodelan tentang cirri-ciri  orang yang rukun dan tolong menolong
§  Kerja berpasangan tentang cirri-ciri  orang yang rukun dan tolong menolong
§  Kerja berpasangan tentang keuntungan memiliki sikap rukun dan tolong menolong bagi dirinya dan orang lain
§  Presentasi hasil kerja
§  Kerja berpasangan tentang akibat tidak rukun dan tolong menolong bagi dirinya maupun orang lain
§  Presentasi hasil kerja
§  Praktek bersikap rukun dan tolong menolong t dirumah, Madrasah dan di masyarakat

§  Menyebutkan pengertian rukun dan tolong menolong
§  Menyebutkan contoh rukun dan tolong menolong
§  Menyebutkan cirri-ciri  orang yang rukun dan tolong menolong
§  Menjelaskan keuntungan memiliki sifat rukun dan tolong menolong
§  Menjelaskan akibat tidak memiliki sifat rukun dan tolong menolong
§  Mempraktekkan sikap rukun dan tolong menolong
§  Menunjukkan contoh adab secara Islami kepada saudara yang lebih tua
Jenis
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Bentuk: 
Isian
Uraian
Performance
Unjuk kerja

8 jam
Buku paket
Perilaku teman
TTS
Pemodelan siswa
Perilaku diri sendiri dan teman
LKS
Pengalaman siswa


§  Adab kepada saudara yang lebih muda
§  Manfaat beradab secara Islami kepada saudara
§  Akibat tidak beradab secara Islami kepada kepada saudara
§  Ahlak terpuji kepada kepada saudara.
§  Berbagi  pengalaman ten tang sikap kepada saudara yang lebih tua
§  Membahas contoh sikap beradab secara Islami kepada saudara yang lebih tua melalui kerja berpasangan dan tanya jawab
§  Membahas contoh akhlak baik kepada saudara yang lebih muda melalui diskusi kelompok
§  Membahas manfaat akhlak baik kepada saudara melalui diskusi kelompok
§  Mencari contoh akibat tidak beradab secara Islami kepada kepada saudara.
§  Membahas akibat tidak beradab secara Islami kepada kepada saudara melalui tanya jawab

§  Menunjukkan contoh adab secara Islami kepada saudara yang lebih muda
§  Menjelaskan manfaat beradab secara Islami kepada saudara
§  Menjelaskan akibat tidak beradab secara Islami kepada kepada saudara.






Standar Kompetensi  : 8. Menghindari akhlak tercela

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
8.1. Menghindari sifat khianat, iri dan dengki melalui kisah kelicikan sau-dara-saudara Nabi Yusuf a.s
§  Arti khianat, iri dan dengki
§  Cirri-ciri orang yang memiliki sifat khianat, iri dan dengki
§  Contoh sifat khianat, iri dan dengki
§  Cara menghindari sifat khianat, iri dan dengki
§  Akibat memiliki sifat khianat, iri dan dengki
§  Kisah kelicikan saudara-saudara Nabi Yusuf a.s

§  Membaca refrensi tentang sifat khianat, iri dan dengki
§  Menemukan pengertian sifat khianat, iri dan dengki melalui kerja berpasangan dan bertanya jawab.
§  Bermain dengan TTS
§  Mengamati pemodelan cirri-ciri orang yang memiliki sifat khianat, iri dan dengki
§  Membahas cirri-ciri orang yang memiliki sifat khianat, iri dan dengki melalui kerja berpasangan dan bertanya jawab
§  Mengerjakan LKS
§  Membahas contoh orang yang memiliki sifat khianat, iri dan dengki
§  Bermain dengan TTS
§  Membahas cara menghindari sifat khianat, iri dan dengki melalui diskusi kelompok
§  Mengerjakan LKS
§  Membahas akibat memiliki sifat khianat, iri dan dengki melalui diskusi kelompok
§  Mengambil hikmah dari kelicikan saudara-saudara Nabi Yusuf a.s melalui tayangan VCD dan membaca buku cerita
§  Mengerjakan LKS

§  Mengartikan sifat khianat, iri dan dengki
§  Menyebutkan ciri-ciri orang yang memiliki sifat khianat, iri dan dengki
§  Menunjukkan contoh orang yang memiliki sifat khianat, iri dan dengki
§  Menyebutkan cara menghindari sifat khianat, iri dan dengki
§  Menjelaskan akibat memiliki sifat khianat, iri dan dengki
§  Menceritakjan kisah kelicikan saudara-saudara Nabi Yusuf a.s
§  Mengambil hikmah dari kisah kelicikan saudara-saudar Nabi Yusuf a.
Jenis
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Bentuk: 
Isian
Uraian
Performance

8 jam
Buku paket
Pemodelan
TTS
VCD
Buku cerita
LKS
Prilaku siswa




......... , …………………
Mengetahui,                                                                                                             Guru Mata Pelajaran,
Kepala Madrasah




_________________                                                                                              ________________________
NIP./NRK.                                                                                                                 NIP./NRK.