SILABUS
Nama Madrasah : MIN/MIS
Mata Pelajaran :
Akidah-Akhlak
Kelas/Semester : III
(tiga)/ 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami kalimat thayyibah (takbir),
Al-Asma al-Husna (al Adhim, Al Kabiir, al Karim dan Al Malik)
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
1.1. Mengenal
Allah melalui kalimat thayyibah (Allahu Akbar)
|
§ Arti Allahu Akbar
§ Penggunaan
kalimat takbir
§ Keistimewaan
mengucapkan kalimat takbir
§ Hal-hal
yang mengharuskan kita mengucap-kan kalimat takbir
|
§ Mengartikan
kaimat takbir melalui lagu Allahu Akbar dan kerja berpasangan
§ Mengamati
pemodelan penggunaan kalimat takbir
§ Membahas
penggunaan kalimat takbir melalui kerja berpasangan
§ Mengerjakan
LKS
§ Membahas
keistimewaan mengucapkan kalimat tak-bir melalui kerja berpasang-an
§ Mendata
hal-hal yang membuktikan bahwa Allah Maha Besar
§ Mendata
hal-hal yang mengharuskan kita meng ucapkan kalimat takbir
§ Membuat
rangkuman
§ Mengerjakan
LKS
|
§
Mengartikan
kaimat takbir
§ Menyebutkan
penggunaan kalimat takbir
§ Menjelaskan
keistimewaan mengucapkan kalimat takbir
§ Menunjukkan
bukti bahwa Allah Maha Besar
|
Jenis
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Bentuk:
Isian
Uraian
Performance
|
4 jam
|
Buku paket
Lagu takbir
Pemodelan
siswa
LKS
|
1.2. Mengenal
Allah melalui sifat-sifat Allah yang terkandung dalam Al-Asma Al-Husna (al
Adhim, Al Kabiir, al Karim dan Al Malik)
|
§ Lafal
al Adhim, Al Kabiir, al Karim dan Al Malik
§ Arti al
Adhim, Al Kabiir, al Karim dan Al Malik
§ Menghafal
al Adhim, Al Kabiir, al Karim dan Al Malik
§ Wujud al
Adhim, Al Kabiir, al Karim dan Al Malik
|
§ Membaca
refrensi tentang sifat Allah
§ Mengucapkan
kembali lafal al Adhim, Al Kabiir, al Karim dan Al Malik
§ Kerja
berpasangan memberi arti al Adhim, Al Kabiir, al Karim dan Al Malik
§ Kerja
berpasangan menghafal al Adhim, Al Kabiir, al Karim dan Al Malik
§ Bermain
dengan kartu Al-Asma Al-Husna
§ Membahas
tentang wujud Al Adhim, Al Kabiir, Al Karim dan Al Malik melalui hasil
ciptaan-Nya
§ Tanya
jawab
§ Membuat
rangkuman
§ Mengrejakan
LKS
|
§ Melafalkan
4 Al-Asma Al-Husna Ar Rozak, Al Mughniy, Al Hamid dan Asy Syakur
§ Mengartikan
4 Al-Asma Al-Husna Ar Rozak, Al Mughniy, Al Hamid dan Asy Syakur
§ Menghafalkan
4 Al-Asma Al-Husna Ar Rozak, Al Mughniy, Al Hamid dan Asy Syakur
§ Menunjukkan
contoh sederhana bahwa Allah memiliki sifat al Adhim, Al Kabiir, al Karim dan
Al Malik melalui hasil ciptaan-Nya
|
Jenis
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Bentuk:
Isian
Uraian
Performance
|
4 jam
|
Buku paket
Kartu Al-Asma Al-Husna
Lingkungan sekitar
LKS
|
Standar
Kompetensi : 2. Beriman kepada
Malaikat-Malaikat Allah
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
2.1. Mengenal
malaikat-malaikat Allah
|
§ Pengertian
Malaikat
§ Nama-nama
Malaikat beserta tugasnya
§ Penciptaan
Malaikat
§ Sifat-sifat
Malaikat
§ Perbedaan
Malaikat dengan mahluk-makhluk lain
§ Hikmah
beriman kepada Malaikat
|
§ Membaca
Refrensi tentang Malaikat-Malaikat Allah
§ Bermain tepuk malaikat
§ Kerja
berpasangan tentang pengertian Malaikat
§ Kerja
berpasangan tentang nama-nama Malaikat beserta tugasnya
§ Bermain
dengan kartu malaikat
§ Bermain
dengan bendera malaikat
§ Bermain
dengan puzel malaikat
§ Kerja
berpasangan tentang penciptaan Malaikat
§ Kerja
berpasangan tentanng sifat-sifat Malaikat
§ Diskusi
keompok tentang perbedaan Malaikat dengan mahluk-makhluk lain (manusia, jin,
hewan, dan tumbuhan
§ Diskusi
kelompok tentanng keutamaan/Hikmah beriman kepada Malaikat
§ Membuat
rangkuman
§ Mengerjakan
LKS
|
§ Menjelaskan
pengertian tentang Malaikat
§ Menyebutkan
nama-nama Malaikat beserta tugasnya
§ Menghafal
nama-nama Malaikat beserta tugasnya
§ Menjelaskan
tugas-tugas Malaikat
§ Menjelaskan
penciptaan Malaikat
§ Menyebutkan
sifat-sifat Malaikat
§ Menjelaskan
perbedaan Malaikat dengan mahluk-makhluk lain (manusia, jin, hewan, dan
tumbuhan
§ Menyebutkan
Hikmah beriman kepada Malaikat
|
Jenis
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Bentuk:
Isian
Uraian
Performance
|
6 jam
|
Buku paket
Tepuk malaikat
Kartu
Bendera dan puzel
Hasil kerja siswa
LKS
|
Standar
Kompetensi : 3. Membiasakan akhlak
terpuji
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
3.1. Membiasakan sifat kasih sayang, dan
taat dalam kehidupan sehari-hari
|
§ Arti
dari sikap kasih
sayang, dan taat
§ Contoh kasih
sayang, dan taat
§ Cirri-ciri orang yang kasih sayang, dan taat
§ Keuntungan
memiliki sifat kasih sayang, dan taat
§ Akibat
tidak memiliki sifat kasih sayang, dan taat
|
§ Membaca
refrensi tentang sifat kasih sayang dan taat
§ Bertanya
jawab tentang arti kasih sayang, dan taat
§ Mendata
perbuatan yang termasuk sikap kasih sayang, dan taat
§ Mendata
contoh sikap kasih sayang, dan taat kepada orang tua dan keluarga, guru dan
teman
§ Bermain
dengan TTS
§ Kerja
berpasangan membahas tentang cirri-ciri
orang yang kasih sayang, dan taat
§ Kerja
berpasangan membahas tentang keuntungan memiliki sikap kasih sayang, dan taat
bagi dirinya dan orang lain
§ Presentasi
hasil kerja
§ Kerja
berpasangan membahas tentang akibat tidak kasih sayang, dan taat bagi dirinya
maupun orang lain
§ Presentasi
hasil kerja
§ Membuat
rangkuman
§ Mengerjakan
LKS
|
§ Menunjukkan
pengertian kasih sayang, dan taat
§ Menyebutkan
contoh kasih sayang, dan taat
§ Menyebutkan
cirri-ciri orang yang bersifat kasih
sayang
§ Menyebutkan
ciri-ciri orang yang bersifat taat
§ Menjelaskan
keuntungan memiliki sifat kasih sayang
§ Menjelaskan
keuntungan memiliki sifat taat
§ Menjelaskan
akibat tidak memiliki sifat kasih sayang
§ Menjelaskan
akibat tidak memiliki sifat taat
|
Jenis
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Bentuk:
Isian
Uraian
Performance
|
6 jam
|
Buku paket
Perilaku teman
TTS
Pemodelan siswa
Perilaku diri sendiri dan teman
LKS
|
3.2.
Membiasakan berakhlak baik terhadap
kedua orang tua dalam kehidupan sehari-hari melalui kisah Nabi Ismail a.s
|
§ Arti
birul walidain
§ sikap
birrul walidain
§ Ciri-ciri
birrul walidain
§ Adab
kepada orang tua ketika masih hidup
§ Adab
kepada orang tua ketika sedang sakit
§ Adab
kepada orang tua ketika sudah meninggal
§ Akibat
tidak berbakti kepada kedua orang tua
§ Ahlak
terpuji kepada orang tua
§ Contoh
perbuatan sombong
§ Kisah
Nabi Ismail a.s
|
§ Membaca
refrensi tentang birul walidain
§ Mengartikan
birul walidain melalui lagu bunda dan tanya jawab.
§ Bermain
dengan TTS
§ Berbagi pengalaman ten tang sikap kepada orang tua
§ Kerja
berpasangan dan tanya jawab membahas contoh sikap birrul walidain melalui
§ Mengerjakan
LKS
§ Membahas
ciri-ciri orang yang memiliki sifat birrul walidain melalui kerja berpasangan
§ Menghafal
do’a untuk kedua orang tua
§ Bermain
dengan TTS
§ Membahas
adab kepada orang tua ketika masih hidup melalui diskusi kelompok
§ Mengerjakan
LKS
§ Membahas
adab kepada orang tua ketika sedang sakit melalui diskusi kelompok
§ Mengahafal
do’a untuk orang yang sedang sakit
§ Membahas
adab kepada orang tua ketika sudah meninggal melalui diskusi kelompok
§ Mengahafal
do’a untuk arwah
§ Menunjukkan
contoh akibat tidak berbakti kepada kedua orang tua.
§ Membahas
akibat tidak berbakti kepada kedua orang tua melalui tanya jawab
§ Membaca/menyimak
kisah Nabi Ismail a.s
§ Mengambil
hikmah dari kisah Nabi Ismail
§ Mengerjakan
LKS
|
§ Mengartikan
birul walidain
§ Menunjukkan
contoh sikap birrul walidain
§ Menyebutkan
ciri-ciri orang yang memiliki sifat birrul walidain
§ Menjelaskan
adab kepada orang tua ketika masih hidup
§ Menjelaskan
adab kepada orang tua ketika sedang sakit
§ Menjelaskan
adab kepada orang tua ketika sudah meninggal
§ Menyebutkan
do’a untuk orang sakit
§ Menyebutkan
do’a untuk arwah
§ Menjelaskan
akibat tidak berbakti kepada kedua orang tua
§ Mengambil
hikmah dari kisah Nabi Ismail
|
Jenis
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Bentuk:
Isian
Uraian
Performance
Unjuk kerja
|
6 jam
|
Buku paket AA
Pengalaman siswa
Prilakun siswa
VCD tentang kisah Nabi
Buku cerita
LKS
|
Standar
Kompetensi : 4. Menghindari akhlak
tercela
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
4.1. Menghindari sikap durhaka kepada kedua orang tua
melalui kisah Kan’an
|
§ Arti
durhaka
§ Ciri-ciri
orang yang memiliki sifat durhaka
§ Contoh
sifat durhaka
§ Cara
menghindari sifat durhaka
§ Akibat memiliki sifat durhaka
§ Kisah Kan’an
|
§ Menemukan
pengertian durhaka kepada orang tua
§ Bermain
dengan TTS
§ Membahas
cirri-ciri orang yang memiliki sifat durhaka melalui kerja berpasangan dan
bertanya jawab
§ Membahas
contoh orang yang memiliki sifat durhaka
§ Diskusi
kelompok membahas cara-cara menghindari sifat durhaka melalui
§ Bermain
dengan TTS
§ Menjelaskan
akibat memiliki sifat durhaka melalui diskusi kelompok
§ Membaca/menyimak
kisah Kan’an
§ mengambil
hikmah dari kisah Nabi Ismail melalui tayangan VCD dan membaca buku cerita
§ Mengerjakan
LKS
|
§ Mengartikan sifat durhaka
§ Menyebutkan
ciri-ciri orang yang memiliki sifat durhaka
§ Menunjukkan
contoh orang yang memiliki sifat durhaka
§ Menyebutkan
cara menghindari sifat durhaka
§ Menjelaskan
akibat memiliki sifat durhaka
§ Mengambil
hikmah dari kisah Kan’an
|
Jenis
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Bentuk:
Isian
Uraian
Performance
|
6 jam
|
Buku paket
TTS
VCD
Buku cerita
LKS
Perilaku
siswa
|
......... , …………………
Mengetahui, Guru
Mata Pelajaran,
Kepala Madrasah
_________________ ________________________
NIP./NRK./NRK. NIP./NRK./NRK.
SILABUS
Nama Madrasah : MIN/MIS
Mata Pelajaran : Akidah-Akhlak
Kelas/Semester : III
(tiga)/ II
Standar Kompetensi : 5 Memahami kalimat thayyibah (ta’awud),
Al-Asma al-Husna (al Baathinu Al Waliyu al Mujibu dan Al Wahhaab)
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
5.1.Mengenal Allah melalui kalimat
thayyibah (ta’awud)
|
§ Kalimat
ta’awud
§ Arti ta’awud
§ Penggunaan
kalimat ta’awud
§ Keistimewaan
mengucapkan kalimat ta’awud
§ Hal-hal
yang mengharuskan kita mengucapkan kalimat ta’awud
|
§ Mengikuti
ucapan guru melafalkan kalimat ta’awud
§ Mengartikan
kaimat ta’awud melalui lagu dan kerja berpasangan
§ Mengamati
pemodelan penggunaan kalimat ta’awud
§ Membahas
penggunaan kalimat ta’awud melalui kerja berpasangan
§ Membahas
keistimewaan mengucapkan kalimat ta’awud melalui kerja berpasangan
§ Mendata
hal-hal yang mengharuskan kita meng ucapkan kalimat ta’awud
§ Membuat
rangkuman
§ Mengerjakan
LKS
|
§
Melafalkan
kalimat Ta’awud
§
Mengartikan
kaimat Ta’awud.
§ Menyebutkan
penggunaan kalimat Ta’awud.
§ Menjelaskan
keistimewaan mengucapkan kalimat Ta’awud.
|
Jenis
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Bentuk:
Isian
Uraian
Performance
|
4 jam
|
Buku paket
Lagu takbir
Pemodelan siswa
Hasil kerja siswa
LKS
|
5.2.Mengenal
Allah melalui sifat-sifat Allah yang terkandung dalam Asma al Husna (al
Baathin, Al Waliy, al Mujib dan Al Wahhaab)
|
§ Lafal
al Baathin, Al Waliy, al Mujib dan Al Wahhaab
§ Arti al
Baathin, Al Waliy, al Mujib dan Al Wahhaab
§ Contoh
al Baathin, Al Waliy, al Mujib dan Al Wahhaab
|
§ Membaca
refrensi tentang sifat Allah al Baathin, Al Waliy, al Mujib dan Al Wahhaab
§ Mengucapkan
kembali lafal al Baathin, Al Waliy, al Mujib dan Al Wahhaab
§ Kerja
berpasangan menemukan arti al Baathin, Al Waliy, al Mujib dan Al Wahhaab
§ Kerja
berpasangan menghafal al Baathin, Al Waliy, al Mujib dan Al Wahhaab
§ Bermain
dengan kartu Al-Asma Al-Husna
§ Membahas
contoh sederhana bahwa Allah memiliki sifat al Baathin, Al Waliy, al Mujib
dan Al Wahhaab melalui pengamatan terhadap alam sekitar
§ Membuat
rangkuman
§ Mengrejakan
LKS
|
§ Melafalkan
4 Asma al Husna al Baathin, Al Waliy, al Mujib dan Al Wahhaab
§ Mengartikan
4 Asma al Husna al Baathin, Al Waliy, al Mujib dan Al Wahhaab
§ Menghafalkan
4 Asma al Husna al Baathin, Al Waliy, al Mujib dan Al Wahhaab
§ Menunjukkan
contoh sederhana bahwa Allah memiliki sifat al Baathin, Al Waliy, al Mujib dan
Al Wahhaab melalui hasil ciptaan-Nya
|
Jenis
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Bentuk:
Isian
Uraian
Performance
|
6 jam
|
Buku paket
Kartu Al-asma Al-Husna
Lingkungan sekitar
LKS
|
Standar Kompetenasi
: 6. Beriman kepada makhluk ghaib selain Malaikat
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
6.1
Mengenal mahluk ghaib selain Malaikat (Jin dan syetan)
|
§ Pengertian
Jin dan Syaitan
§ Penciptaan
Jin dan Syaitan
§ Sifat-sifat
Jin dan Syaitan
§ Kedurhakaan
Jin dan Syaitan
§ Tujuan
Jin dan Syaitan menggoda manusia
§ Cara-cara
Jin dan Syaitan menggoda manusia
§ Cara
menghindari dari godaan Jin dan Syaitan
|
§ Membaca
refrensi tentang makhluk ghaib
§ Menemukan
pengertian tentang Jin dan Syaitan melalui kerja berpasangan
§ Membahas
tentang penciptaan Jin dan Syaitan melalui kerja berpasangan
§ Membahas sifat-sifat Jin dan Syaitan melalui kerja
berpasangan
§ Membahas
peristiwa dikeluarkannya Jin dan Syaitan dari surga
§ Diskusi
kelompok tentang tujuan Jin dan Syaitan menggoda manusia
§ Mengerjakan
LKS
§ Diskusi
kelompok tentang cara-cara Jin dan Syaitan menggoda manusia
§ Diskusi
kelompok Menyebutkan cara menghindari dari godaan Jin dan Syaitan melalui
§ Presentasi
hasil kerja kelompok
§ Membuat
rangkuman
|
§ Menyebutkan
pengertian tentang Jin dan Syaitan
§ Menjelaskan
penciptaan Jin dan
Syaitan
§ Menyebutkan
sifat-sifat Jin dan Syaitan
§ Menceritakan
peristiwa dikeluarkannya Jin dan Syaitan dari surga
§ Menjelaskan tujuan Jin dan Syaitan
menggoda manusia
§ Menjelaskan
cara-cara Jin dan Syaitan menggoda manusia
§ Menyebutkan
cara menghindari dari godaan Jin dan Syaitan
|
Jenis
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Bentuk:
Isian
Uraian
Performance
|
6 jam
|
Buku paket
Hasil kerja siswa
Hasil kerja siswa
LKS
|
Standar Kompetensi
: 7. Membiasakan akhlak terpuji
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
7.1. Membiasa-kan sikap rukun dan
tolong menolong
|
§
Arti
rukun dan tolong menolong
§ Contoh rukun dan tolong menolong
§ Cirri-ciri orang yang rukun dan
tolong menolong
§ Keuntungan
memiliki sifat rukun dan tolong menolong
§ Akibat
tidak memiliki sifat rukun dan tolong menolong
§ Praktek
rukun dan tolong menolong
§ Adab
kepada saudara yang lebih tua
|
§ Mengamati
pemodelan dari sikap rukun dan tolong menolong
§ Bertanya
jawab tentang arti rukun dan tolong menolong
§ Mendata
perbuatan yang termasuk sikap rukun dan tolong menolong
§ Menemukan
contoh sikap rukun dan tolong menolong kepada saudara dan teman
§ Bermain
dengan TTS
§ Mengamati
pemodelan tentang cirri-ciri orang
yang rukun dan tolong menolong
§ Kerja
berpasangan tentang cirri-ciri orang
yang rukun dan tolong menolong
§ Kerja
berpasangan tentang keuntungan memiliki sikap rukun dan tolong menolong bagi
dirinya dan orang lain
§ Presentasi
hasil kerja
§ Kerja
berpasangan tentang akibat tidak rukun dan tolong menolong bagi
dirinya maupun orang lain
§ Presentasi
hasil kerja
§ Praktek
bersikap rukun dan tolong menolong t dirumah, Madrasah dan di masyarakat
|
§ Menyebutkan
pengertian rukun dan tolong menolong
§ Menyebutkan
contoh rukun dan tolong menolong
§ Menyebutkan
cirri-ciri orang yang rukun dan tolong
menolong
§ Menjelaskan
keuntungan memiliki sifat rukun dan tolong menolong
§ Menjelaskan
akibat tidak memiliki sifat rukun dan tolong menolong
§ Mempraktekkan
sikap rukun dan tolong menolong
§ Menunjukkan
contoh adab secara Islami kepada saudara yang lebih tua
|
Jenis
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Bentuk:
Isian
Uraian
Performance
Unjuk kerja
|
8 jam
|
Buku paket
Perilaku teman
TTS
Pemodelan siswa
Perilaku diri sendiri dan teman
LKS
Pengalaman siswa
|
|
§ Adab
kepada saudara yang lebih muda
§ Manfaat
beradab secara Islami kepada saudara
§ Akibat
tidak beradab secara Islami kepada kepada saudara
§ Ahlak
terpuji kepada kepada saudara.
|
§ Berbagi pengalaman ten tang sikap kepada saudara
yang lebih tua
§ Membahas
contoh sikap beradab secara Islami kepada saudara yang lebih tua melalui
kerja berpasangan dan tanya jawab
§ Membahas
contoh akhlak baik kepada saudara yang lebih muda melalui diskusi kelompok
§ Membahas
manfaat akhlak baik kepada saudara melalui diskusi kelompok
§ Mencari
contoh akibat tidak beradab secara Islami kepada kepada saudara.
§ Membahas
akibat tidak beradab secara Islami kepada kepada saudara melalui tanya jawab
|
§ Menunjukkan
contoh adab secara Islami kepada saudara yang lebih muda
§ Menjelaskan
manfaat beradab secara Islami kepada saudara
§ Menjelaskan
akibat tidak beradab secara Islami kepada kepada saudara.
|
|
|
|
Standar Kompetensi
: 8. Menghindari akhlak tercela
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
8.1.
Menghindari sifat khianat, iri dan dengki melalui kisah kelicikan
sau-dara-saudara Nabi Yusuf a.s
|
§ Arti khianat, iri dan dengki
§ Cirri-ciri
orang yang memiliki sifat khianat, iri dan dengki
§ Contoh
sifat khianat, iri dan dengki
§ Cara
menghindari sifat khianat, iri dan dengki
§ Akibat
memiliki sifat khianat, iri dan dengki
§ Kisah
kelicikan saudara-saudara Nabi Yusuf a.s
|
§ Membaca
refrensi tentang sifat khianat, iri dan dengki
§ Menemukan
pengertian sifat khianat, iri dan dengki melalui kerja berpasangan dan
bertanya jawab.
§ Bermain
dengan TTS
§ Mengamati
pemodelan cirri-ciri orang yang memiliki sifat khianat, iri dan dengki
§ Membahas
cirri-ciri orang yang memiliki sifat khianat, iri dan dengki melalui kerja
berpasangan dan bertanya jawab
§ Mengerjakan
LKS
§ Membahas
contoh orang yang memiliki sifat khianat, iri dan dengki
§ Bermain
dengan TTS
§ Membahas
cara menghindari sifat khianat, iri dan dengki melalui diskusi kelompok
§ Mengerjakan
LKS
§ Membahas
akibat memiliki sifat khianat, iri dan dengki melalui diskusi kelompok
§ Mengambil
hikmah dari kelicikan saudara-saudara Nabi Yusuf a.s melalui tayangan VCD dan
membaca buku cerita
§ Mengerjakan
LKS
|
§ Mengartikan
sifat khianat, iri dan dengki
§ Menyebutkan
ciri-ciri orang yang memiliki sifat khianat, iri dan dengki
§ Menunjukkan
contoh orang yang memiliki sifat khianat, iri dan dengki
§ Menyebutkan
cara menghindari sifat khianat, iri dan dengki
§ Menjelaskan
akibat memiliki sifat khianat, iri dan dengki
§ Menceritakjan
kisah kelicikan saudara-saudara Nabi Yusuf a.s
§ Mengambil
hikmah dari kisah kelicikan saudara-saudar Nabi Yusuf a.
|
Jenis
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Bentuk:
Isian
Uraian
Performance
|
8 jam
|
Buku paket
Pemodelan
TTS
VCD
Buku cerita
LKS
Prilaku
siswa
|
......... , …………………
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran,
Kepala Madrasah
_________________ ________________________
NIP./NRK. NIP./NRK.