SILABUS
Nama Madrasah : MI/MIS
Mata Pelajaran :
Akidah-Akhlak
Kelas/Semester : I (satu)/ 1
Standar
Kompetensi : 1. Mengenal rukun iman, syhadat tauhid dan syahadat
rasul, Al-Asma Al-Husna (Al Ahad dan Al Kholiq)
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
1.1.
Menghafal
enam Rukun Iman.
|
§ Enam rukun iman
§ Arti
rukun iman
§ Urutan
rukun iman
§
Ciri-ciri
orang beriman
|
§
Membaca
refrensi tentang rukun iman
§
Menghafal
enam rukun iman mela-lui : menyanyikan lagu dan tepuk, per-mainan siapa aku,
tanya jawab rukun iman
§
Bermain
lari bendera dan menyu-0sun puzzle
untuk mengurutkan rukun iman
§
Menemukan
pengertian rukun iman melalui: kerja berpasang an dan ta-nya Jawab.
§ Membahas
ciri-ciri orang yang ber-iman melalui : kerja kelompok; pre-sentasi hasil
kerja dan bermain dengan TTS.
§ Membuat rangkuman
|
§
Menyebutkan
enam rukun iman
§ Mengurutkan
enam rukun iman
§
Menghafal enam Rukun Iman
§
Menjelaskan
rukun iman
§ Menyebutkan
cirri-ciri orang yang beriman
|
Jenis:
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Bentuk:
Isian
Uraian
Performance
|
4
jam
|
Syair lagu
Kartu rukun iman
LKS
Bendera
TTS
|
1.2. Menghafal dua kalimat syahadat. |
§
Definisi
syahadatain
§
Jenis
syahadat
§
Syahadatain
§
Syahadatain
|
§ Menemukan
definisi syahadatain melalui: kerja berpasangan
§ Tanya
jawab dan menyusun puzzel untuk membahas jenis sya-hadat
§ Melafalkan
syahadat Tauhid dan syahadat Rosul melalui: contoh lafal yang diucapakan
guru.
§ Kerja
berpasangan untuk menghafalkan syahadat Tauhid dan syahadat Rosul
|
§
Mendefinisikan
syahadatain
§
Menyebutkan
jenis syahadat
§ Melafalkan
syahadat Tauhid dan syahadat Rosul
§ Menghafalkan
syahadat Tauhid dan syahadat Rosul
|
Jenis:
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Bentuk:
Isian
Uraian
Performance
|
2
jam
|
Buku paket
|
1.3. Mengartikan dua kalimat syahadat |
§ Arti syahadat Tauhid
§ Arti syahadat Rosul
§ Waktu kalimat syahadatain diucapkan
|
§ Membaca refrensi tentang dua kalimat
syahadat secara individu
§
Menemukan pengertian syahadat Tauhid melalui: lagu aku
bersaksi dan bertanya jawab
§
Menghafalkan arti syahadat Rosul melalui: lagu aku
bersaksi dan bertanya jawab
§
Diskusi kelompok membahas tentang waktu pengucapan
kalimat syahadatain
§ Presentasi hasil diskusi kelompok
§ Bermain TTS
|
§
Mengartikan
syahadat Tauhid
§
Mengartikan
syahadat Rosul
§
Menghafal dua kalimat syahadat
§ Menyebutkan
waktu pengucapan kalimat syahadatain
|
Jenis:
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Bentuk:
Isian
Uraian
Performance
|
4
jam
pelajaran
|
§ Buku
paket
§ Lagu
aku bersaksi
§
Hasil kerja siswa
§ TTS
|
1.4. Mengenal sifat-sifat Allah (Al Ahad dan al Kholiq) melalui kisah Nabi Ibrahim a.s. mencari Tuhannya |
§ Definisi
Al-Asma Al-Husna Al Ahad dan al Kholiq
§ Kisah
Nabi Ibrahim mencari Tuhan
§ Contoh
perbuat-an musyrik
§ Akibat
perbuatan musyrik
|
§ Membaca
materi tentang Al-Asma Al-Husna Al Ahad
dan al Kholiq
§ Mencari
pengertian Al-Asma Al-Husna dari buku
referensi
§ Membaca Al-Asma Al-Husna secara keseluruhan
§ Latihan
menulis Al-Asma Al-Husna Al Ahad dan al Kholiq beserta
artinya di buku tulis
§ Latihan
membuat kaligrafi tentang Al-Asma Al-Husna tersebut
§ Berdiskusi
dengan guru dan temannya tentang materi tersebut
§ Mencari
bukti-bukti bahwa Allah bersifat Al Ahad dan al Kholiq
§ Tanya
jawab
§ Menyimak
kisah Nabi Ibrahim mencari Tuhan melalui tayangan VCD
§ Menarik
kesimpulan dari tayangan VCD
§ Memberi
nama bagi orang yang menyembah selain Allah melalui: kerja berpa-sangan dan
tanya jawab
§ Membahas
contoh perbuatan musyrik melalui diskusi kelompok dan tanya jawab
§ Membahas
akibat perbuatan musyrik melalui diskusi kelompok dan mengerjakan LKS
|
§
Mendefinisikan asma’ul husna
§
Melafalkan Al Ahad dan al Kholiq
§
Mengartikan Al Ahad dan al Kholiq
§
Menunjukkan contoh sederhana bahwa Allah memiliki sifat
al Kholiq
§
Menunjukkan contoh sederhana bahwa Allah memiliki sifat
Al Ahad
§
Menyimak kisah Nabi Ibrahim mencari Tuhan
§
Memberi nama bagi orang yang menyembah selain Allah
§
Menunjukkan contoh perbuatan musyrik
§
Menjelaskan akibat perbuatan musyrik
|
Jenis:
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Bentuk:
Isian
Uraian
Performance
|
6
jam
|
§
Buku paket
§
Lingkung-an sekitar
§
Benda-benda di sekitar
§
VCD Nabi Ibrahim
§ LKS
|
Standar Kompetensi
: 2. Membiasakan akhlak terpuji
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
2.1.
Membiasakan sifat disiplin dan hidup bersih dalam
kehidupan sehari-hari
|
§ Pengertian
disiplin dan hidup bersih
§ Disiplin
di rum-ah, Madrasah dan tempat ibadah
§ Cara
merawat badan, pakaian dan tempat
§ Mandi,
gosok gigi dan kera-mas serta setelah buang air kecil atau besar
§ Mencuci,
men-jemur pakaian, menyeterika dan melipat pakaian
§ Menyapu,
me-ngepel dan mem bersihkan debu
|
§ Membahas
pengertian disiplin dan hidup bersih melalui bertanya jawab
§ Mendata
perbuatan yang harus di-kerjakan secara disiplin (di rumah, Madrasah dan
tempat ibadah)
§ Mencari
contoh sikap disiplin (di rumah, Madrasah dan tempat ibadah) melalui
presentasi hasil kerja.
§ Membahas
tata cara merawat badan, pakaian dan tempat
§ Mencari
contoh perbuatan hidup bersih (badan, pakaian dan tempat)
§ Mengerjakan
LKS
§ Membahas
keuntungan memiliki sikap disiplin dan hidup bersih bagi dirinya dan orang
lain melalui kerja berpasangan dan presentasi hasil kerja
§ Membahas
akibat tidak disiplin dan tidak hidup bersih bagi dirinya dan orang lain
melalui kerja berpasangan dan presentasi hasil kerja
§ Membahas
etika mandi, gosok gigi dan keramas serta setelah buang air kecil atau besar.
§ Membahas
tat cara mencuci, menjemur pakaian, menyeterika dan melipat pakaian.
§ Praktek
menyapu, mengepel dan membersihkan debu.
§
Mengerjaka LKS
|
§ Mengartikan disiplin dan hidup
bersih
§ Menunjukkan
contoh sikap disiplin (di rumah, Madrasah dan tempat ibadah)
§
Menunjukkan
contoh perbuatan hidup bersih
§ Menunjukkan
keuntungan memiliki sikap disiplin dan hidup bersih
§ Menunjukkan
akibat tidak disiplin dan tidak hidup bersih
§ Mempraktekkan
sikap disiplin (di rumah, Madrasah dan tempat ibadah)
§ Mempraktekkan
hidup bersih (badan, pakaian dan tempat)
|
Jenis:
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Bentuk:
Isian
Uraian
Perfor mance
Unjuk kerja
|
6 x 40’
|
Buku paket
Hasil kerja siswa
LKS
TTS
|
2.2.
Membiasakan berakhlak baik
ketika mandi, ti dur dan buang air be sar/kecil dalam kehi dupan se-hari-hari
|
§
Adab ketika akan mandi, buang air besar/kecil
§
Do’a ketika akan masuk ke kamar mandi
§
Adab setelah mandi, buang air besar/kecil
§
Do’a ketika keluar dari kamar mandi
§
Adab ketika mandi, buang air besar/kecil
§
Manfaat adab ke tika mandi, buang air besar/kecil
§
Adab ketika akan tidur
§
Do’a akan tidur
§
Adab ketika bermimpi
§ Do’a
ketika bermimpi
§ Adab
ketika bangun tidur
§ Do’a
bangun tidur
§ Manfaat
adab ketika tidur
|
§
Kerja berpasangan membahas adab ketika akan mandi,
buang air besar/kecil
§
Menghafal do’a ketika akan masuk ke kamar mandi
§
Kerja berpasangan membahas adab ketika mandi, buang air
besar/kecil
§
Berbagi pengalaman dan kerja berpasangan tentang adab
setelah mandi, buang air besar/kecil melalui
§
Menghafal do’a ketika keluar dari kamar mandi
§
Mencari contoh dan sosio drama mempraktekkan adab
ketika mandi, buang air besar/kecil
§
Kerja berpasangan dan tanya jawab tentang manfaat
beradab secara Islami ketika mandi, buang air besar/kecil
§
Berbagi pengalaman dan kerja berpasangan Menyebutkan
adab ketika akan tidur
§
Menghafal do’a akan tidur
§
Berbagi pengalaman dan kerja berpasangan membahas adab
ketika tidur (bermimpi) melalui
§
Menghafal do’a ketika bermimpi
§
Berbagi pengalaman dan kerja berpasanga tentang adab
ketika bangun tidur
§
Menghafal do’a bangun tidur
§
Diskusi kelompok tentang manfaat berakhlak baik ketika
tidur
§
Membuat rangkuman
|
§ Menyebutkan
etika ketika akan mandi, buang air besar/kecil
§ Menyebutkan
etika ketika mandi, buang air besar/kecil
§ Menyebutkan
etika setelah mandi, buang air besar/kecil
§ Menyebutkan
do’a akan masuk dan keluar kamar mandi
§ Menjelaskan
manfaat berakhlak baik ketika mandi, buang air besar/kecil
§ Menyebutkan
etika ketika akan tidur
§ Menyebutkan
adab ketika tidur (bermimpi)
§ Menyebutkan
etika ketika bangun tidur
§ Menyebutkan
do’a sebelum dan sesudah tidur
§ Menjelaskan
etika ketika tidur
|
Jenis:
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Bentuk:
Isian
Uraian
Perfor mance
Hafalan
|
6 x 40’
|
Buku
paket
Pengalaman
siswa
|
Standar Kompetensi
: 3. Menghindari akhlak tercela
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
3.1 Membiasakan diri untuk menghindari hidup kotor dalam kehidupan sehari-hari
|
§
Pengertian ahlak tercela
§
Pengertian hidup kotor
§
Jenis perbuatan yang termasuk hidup kotor
§
Cara menghindari hidup kotor
§
Nilai positif dari sikap menghindari hidup kotor bagi
dirinya dan orang lain
§
Nilai negatif akibat tidak menghindari hidup kotor bagi
dirinya dan orang lain
|
§ Mengartikan
akhlak tercela melalui bertanya jawab dan kerja berpasangan tentang nama lain
dari ahlak tercela.
§ Bertanya
jawab tentang arti hidup kotor
§ Mendata
perbuatan yang termasuk hidup kotor (mengamati kehidupan pemulung)
§ Menyebutkan
contoh perbuatan hidup kotor melalui tanya jawab
§ Menceritakan
cara menghindari perbuatan yang termasuk hidup kotor
§ Menunjukkan
contoh perbuatan cara menghindari hidup kotor
§ Menunjukkan
keuntungan memiliki sikap menghindari hidup kotor bagi dirinya dan orang lain
melalui diskusi kelompok dan presentasi hasil kerja
§ Menunjukkan
akibat tidak menghindari hidup kotor bagi dirinya dan orang lain melalui
diskusi kelompok, dan bermain dengan TTS
|
§
Menjelaskan
pengertian akhlak tercela
§
Menjelaskan
pengertian hidup kotor
§
Menyebutkan contoh perbuatan hidup kotor
§
Menunjukkan contoh cara menghindari hidup kotor
§
Menunjukkan keuntungan memiliki sikap menghindari hidup
kotor
§
Menunjukkan akibat hidup kotor
|
Jenis:
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Bentuk:
Isian
Uraian
Performance
|
4
jam
|
§
Buku paket
§
Hasil kerja siswa
§ TTS
|
......... , …………………
Mengetahui, Guru
Mata Pelajaran,
Kepala Madrasah
_________________ ________________________
NIP./NRK. NIP./NRK.
SILABUS
Nama Madrasah : MI/MIS
Mata Pelajaran :
Akidah-Akhlak
Kelas/Semester : I (satu)/
II
Standar Kompetensi : 4. Memahami kalimat thayyibah (basmalah)
dan Al-Asma al-Husna (Ar Rohman, ar Rohiim dan As Sami’)
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
4.1. Mengenal Allah melalui kalimat thayyibah (basmalah)
|
§
Pengertian
kalimat thayyibah basmalah
§
Arti
kalimat basmalah
§ Penggunaan basmalah
§ Keistimewaan
mengucapkan kalimat basmalah
§ Akibat
tidak membaca basmalah
|
§ Mengartikan
kalimat thayyibah melalui bertanya jawab
§ Menirukan
ucapan guru melafalkan kalimat basmalah
§ Menyanyikan
lagu basmalah
§ Kerja
berpasangan mengartikan kalimat basmalah
§ Mengidentifikasi
penggunaan kalimat basmalah
§ Menunjukkan
contoh penggunaan kalimat basmalah
§ Bermain
dengan TTS
§ Kerja
berpasangan dan tanya jawab membahas keistimewaan basmalah
§ Membahas
akibat tidak membaca basmalah ketika akan melakukan sesuatu.
|
§ Menunjukkan pengertian kalimat
thayyibah basmalah
§ Mengartikan basmalah
§ Menunjukkan contoh penggunaan
kalimat basmalah
§ Menjelaskan
keistimewaan mengucapkan basmalah
§ Menjelaskan
akibat tidak membaca basmalah ketika akan melakukan sesuatu.
|
Jenis:
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Bentuk:
Isian
Uraian
Performance
|
4 jam
|
Buku paket
Lagu basmalah
TTS
Hasil kerja
siswa
|
|
§ Perbuatan
yang harus dimulai dengan mem-baca basmalah
§ Perbuatan
yang tidak harus dimulai dengan basmalah.
|
§ Mengidentifikasi
perbuatan yang harus dimulai dengan membaca basmalah.
§ Mengidentifikasi
perbuatan yang tidak harus dimulai dengan basmalah
|
|
|
|
|
4.2.
Mengenal sifat-sifat Allah (Ar Rohman, ar Rohiim dan As
Sami’) Melalui Kisah Nabi Sulaiman dengan tentara semut
|
§ Arti
Ar Rohman, ar Rohiim dan As Sami’
§ Kisah
Nabi Sulaiman a.s. dengan tentara semut
§ Kasih
sayang orang tua kepada anaknya
§ Kasih
sayang induk hewan kepada anaknya
§ Cara
Allah menumbuhkan pohon
|
§ Membaca
refrensi tentang sifat Ar Rohman, Ar Rohiim dan As Sami’
§ Kerja
berpasangan mengartikan 3 Al-Asma Al-Husna Ar Rohman, ar Rohiim dan As sami’
§ Kerja
berpasangan dan bermain dengan kartu Al-Asma Al-Husna untuk menghafalkan 3
Al-Asma Al-Husna Ar Rohman, ar Rohiim dan As Sami’
§ Menyaksikan
tayangan VCD tentang Nabi Sulaiman a.s
§ Mengambil
pelajaran dari kisah Nabi Sulaiman
a.s. dengan tentara semut melalui tayangan VCD
§ Menemukan
contoh sederhana bahwa Allah memiliki sifat Ar Rohman, Ar Rohiim dan As Sami’
Allah melalui kasih sayang orang tua kepada anaknya (mulai mengandung,
melahirkan sampai dewasa); induk hewan kepada anaknya; pertumbuh-an tanaman
§
Mengrejakan LKS
|
§ Melafalkan
3 Al-Asma Al-Husna Ar Rohman, ar Rohiim dan As Sami’
§ Mengartikan
3 Al-Asma Al-Husna Ar Rohman, Ar Rohiim dan As Sami’
§ Menghafalkan
3 Al-Asma Al-Husna Ar Rohman, Ar Rohiim dan As Sami’
§ Mengambil
pelajaran dari kisah Nabi Sulaiman
a.s. dengan tentara semut
§ Menunjukkan
contoh sederhana bahwa Allah memiliki sifat Ar Rohman, Ar Rohiim dan As Sami’
melalui hasil ciptaan-Nya
|
Jenis:
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Bentuk:
Isian
Uraian
Performance
|
8 jam
|
Buku paket
Kartu Al-Asma Al-Husna
VCD kisah Nabi Sulaiman a.s
Keluarga
Hewan
Tumbuhan
LKS
|
Standar kompetensi
: 5. Membiasakan akhlak terpuji
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
5.1.Membiasakan sikap ramah dan sopan santun dalam
kehidupan sehari-hari.
|
§ Pengertian
sikap Ramah dan sopan santun
§ Contoh
sikap ramah dan sopan santun
§ Cirri-ciri orang yang Ramah dan sopan santun
§ Hikmah
sikap Ramah dan sopan santun
§ Dampak
negatif tidak Ramah dan sopan santun
|
§ Membahas
pengertian ramah dan sopan santun
§ Mengidentifikasi
perbuatan yang termasuk sikap ramah dan sopan santun
§ Menemukan
contoh sikap Ramah dan sopan santun kepada orang tua dan keluarga, guru dan
teman
§ Bermain
dengan TTS
§ Mengamati
pemodelan tentang cirri-ciri orang
yang Ramah dan sopan santun
§ Kerja
berpasangan membahas cirri-ciri orang
yang ramah dan sopan santun
§ Membahas
hikmah memiliki sikap Ramah dan sopan santun bagi dirinya dan orang lain
melalui kerja berpasangan dan presentasi kerja
§ Membahas
akibat tidak ramah dan sopan santun baik bagi dirinya maupun orang lain
melalui kerja berpasangan
§ Praktek
bersikap ramah dan sopan santun dirumah
§ Praktek
bersikap ramah dan sopan santun di Madrasah
§ Mengerjakan
LKS
|
§ Menjelaskan
pengertian ramah dan sopan santun
§ Menyebutkan
contoh ramah dan sopan santun
§ Menjelaskan
cirri-ciri orang yang Ramah dan sopan
santun
§ Menjelaskan
hikmah memiliki sifat Ramah dan sopan santun
§ Menjelaskan
akibat tidak ramah dan sopan santun bagi dirinya maupun orang lain
§ Mempraktekkan
sikap Ramah dan sopan santun
|
Jenis:
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Bentuk:
Isian
Uraian
Unjuk kerja
|
6 jam
|
Buku paket
Prilaku siswa
TTS
LKS
|
5.2.Membiasakan
berakhlak baik ketika berbicara dan meludah dalam kehidupan sehari-hari.
|
§ Etika
berbicara kepada orang yang lebih tua
§ Etika berbicara
kepada teman sebaya dan kepada adik
§ Etika
ketika meludah
§ Dampak
negatif tidak berakhlak baik ketika meludah
|
§ Membaca
refrensi tentang etika berbicara dan meludah secara individu
§ Mengamati
pemodelan yang dilakukan siswa dengan gurunya
§ Kerja
kelompok membahas etika berbicara kepada orang yang lebih tua (orang tua,
guru, kakak)
§ Mengamati
pemodelan yang dilakukan siswa
§ Kerja
kelompok membahas etika berbicara kepada teman sebaya dan kepada adik
§ Mengerjakan
LKS
§ Mengamati
pemodelan yang dilakukan oleh temannya
§ Kerja
berpasangan membahas etika ketika meludah
§ Diskusi
tentang dampak negatif tidak berakhlak baik ketika berbicara dan
§ Mengerjakan
LKS
|
§ Menjelaskan
pengertian etika berbicara dan meludah
§ Menyebutkan
etika berbicara kepada orang yang lebih tua (orang tua, guru, kakak)
§ Menyebutkan
etika berbicara kepada teman sebaya dan kepada adik
§ Menyebutkan
adab ketika meludah
§ Menjelaskan
dampak negatif tidak berakhlak baik ketika meludah
§ Menunjukkan
etika berbicara dan meludah
|
Jenis:
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Bentuk:
Isian
Uraian
Performance
|
8
jam
|
Buku paket
Pengalaman siswa
TTS
LKS
|
Standar Kompetensi
: 6. Menghindari akhlak tercela
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
6.1.Membiasakan diri untuk menghindari berbicara
jorok/kotor dan bohong dalam kehidupan sehari-hari.
|
§
Pengertian
ucapan/pembicaraan jorok/kotor dan bohong
§ Contoh
ucapan/pembicaraan jorok/kotor dan bohong
§ Cara
menghindari ucapan/pembicaraan jorok/kotor dan bohong
§ Dampak
negatif berbicara jorok/kotor dan bohong
|
§ Mengartikan
ucapan/pembicaraan jorok/kotor dan bohong melalui kerja berpasangan
§ Mendata
ucapan/pembicaraan jorok/kotor dan bohong melalui kerja berpasangan
§ Mengamati
pemodelan tentang contoh berbicara jorok/kotor dan bohong
§ Menunjukkan
contoh berbicara jorok/kotor dan bohong
§ Diskusi
tentang cara menghindari berbicara jorok/kotor dan bohong kelompok tentang
melalui tanya jawab
§ Mengerjakan
LKS
|
§ Menjelaskan
pengertian ucapan/pembicaraan jorok/kotor dan bohong
§ Menunjukkan
contoh berbicara jorok/kotor dan bohong
§ Menjelaskan
cara menghindari berbicara jorok/kotor dan bohong
§ Menjelaskan
cara menghindari berbicara jorok/kotor dan bohong
§ Menjelaskan
dampak negatif berbicara jorok/kotor dan bohong
|
Jenis:
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Bentuk:
Isian
Uraian
Performance
|
6
jam
|
Buku paket
Pengalaman siswa
TTS
LKS
|
......... , …………………
Mengetahui, Guru
Mata Pelajaran,
Kepala Madrasah
_________________ ________________________
NIP./NRK. NIP./NRK.