Kamis, 23 Agustus 2012

SILABUS AKHLAK SEMESTER 1




Rounded Rectangle: S I L A B U S

MATA PELAJARAN:
AQIDAH AKHLAK
KELAS I SEMESTER 1
SILABUS



Nama Madrasah        : MI/MIS
Mata Pelajaran           : Akidah-Akhlak
Kelas/Semester         : I (satu)/ 1

Standar Kompetensi  :  1. Mengenal rukun iman, syhadat tauhid dan syahadat rasul, Al-Asma Al-Husna (Al Ahad dan Al Kholiq)

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1
2
3
4
5
6
7
1.1.          Menghafal enam Rukun Iman.
§  Enam rukun iman
§  Arti rukun iman
§  Urutan rukun iman
§  Ciri-ciri orang beriman
§  Membaca refrensi tentang rukun iman
§  Menghafal enam rukun iman mela-lui : menyanyikan lagu dan tepuk, per-mainan siapa aku, tanya jawab rukun iman
§  Bermain lari bendera dan  menyu-0sun puzzle untuk mengurutkan rukun iman
§  Menemukan pengertian rukun iman melalui: kerja berpasang an dan ta-nya Jawab.
§  Membahas ciri-ciri orang yang ber-iman melalui : kerja kelompok; pre-sentasi hasil kerja dan bermain dengan TTS.
§  Membuat rangkuman
§  Menyebutkan enam rukun iman
§  Mengurutkan enam rukun iman
§  Menghafal enam Rukun Iman
§  Menjelaskan rukun iman
§  Menyebutkan cirri-ciri orang yang beriman
Jenis:
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Bentuk: 
Isian
Uraian
Performance



4 jam

Syair lagu
Kartu rukun iman
LKS
Bendera
TTS

1.2.          Menghafal dua kalimat syahadat.


§  Definisi syahadatain
§  Jenis syahadat
§  Syahadatain
§  Syahadatain
§  Menemukan definisi syahadatain melalui: kerja berpasangan
§  Tanya jawab dan menyusun puzzel untuk membahas jenis sya-hadat
§  Melafalkan syahadat Tauhid dan syahadat Rosul melalui: contoh lafal yang diucapakan guru.
§  Kerja berpasangan untuk menghafalkan syahadat Tauhid dan syahadat Rosul
§  Mendefinisikan syahadatain
§  Menyebutkan jenis syahadat
§  Melafalkan syahadat Tauhid dan syahadat Rosul
§  Menghafalkan syahadat Tauhid dan syahadat Rosul
Jenis:
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Bentuk: 
Isian
Uraian
Performance
2 jam

Buku paket

1.3.          Mengartikan dua kalimat syahadat


§  Arti syahadat Tauhid
§  Arti syahadat Rosul
§  Waktu  kalimat syahadatain diucapkan
§  Membaca refrensi tentang dua kalimat syahadat secara individu
§  Menemukan pengertian syahadat Tauhid melalui: lagu aku bersaksi dan bertanya jawab
§  Menghafalkan arti syahadat Rosul melalui: lagu aku bersaksi dan bertanya jawab
§  Diskusi kelompok membahas tentang waktu pengucapan kalimat syahadatain
§  Presentasi hasil diskusi kelompok
§  Bermain TTS

§  Mengartikan syahadat Tauhid
§  Mengartikan syahadat Rosul
§  Menghafal dua kalimat syahadat
§  Menyebutkan waktu pengucapan kalimat syahadatain
Jenis:
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Bentuk: 
Isian
Uraian
Performance

4 jam
pelajaran
§ Buku paket
§ Lagu aku bersaksi
§ Hasil kerja siswa
§ TTS

1.4.          Mengenal  sifat-sifat Allah (Al Ahad dan al Kholiq) melalui kisah Nabi Ibrahim a.s. mencari Tuhannya

§  Definisi Al-Asma Al-Husna Al Ahad dan al Kholiq
§  Kisah Nabi Ibrahim mencari Tuhan
§  Contoh perbuat-an musyrik
§  Akibat perbuatan musyrik
§  Membaca materi tentang  Al-Asma Al-Husna Al Ahad dan al Kholiq
§  Mencari pengertian  Al-Asma Al-Husna dari buku referensi
§  Membaca  Al-Asma Al-Husna secara keseluruhan
§  Latihan menulis  Al-Asma Al-Husna Al Ahad dan al Kholiq beserta artinya di buku tulis
§  Latihan membuat kaligrafi tentang Al-Asma Al-Husna tersebut
§  Berdiskusi dengan guru dan temannya tentang materi tersebut
§  Mencari bukti-bukti bahwa Allah bersifat Al Ahad dan al Kholiq
§  Tanya jawab
§  Menyimak kisah Nabi Ibrahim mencari Tuhan melalui tayangan VCD
§  Menarik kesimpulan dari tayangan VCD
§  Memberi nama bagi orang yang menyembah selain Allah melalui: kerja berpa-sangan dan tanya jawab
§  Membahas contoh perbuatan musyrik melalui diskusi kelompok dan tanya jawab
§  Membahas akibat perbuatan musyrik melalui diskusi kelompok dan mengerjakan LKS
§  Mendefinisikan asma’ul husna
§  Melafalkan Al Ahad dan al Kholiq
§  Mengartikan Al Ahad dan al Kholiq
§  Menunjukkan contoh sederhana bahwa Allah memiliki sifat al Kholiq
§  Menunjukkan contoh sederhana bahwa Allah memiliki sifat Al Ahad
§  Menyimak kisah Nabi Ibrahim mencari Tuhan
§  Memberi nama bagi orang yang menyembah selain Allah
§  Menunjukkan contoh perbuatan musyrik
§  Menjelaskan akibat perbuatan musyrik
Jenis:
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Bentuk: 
Isian
Uraian
Performance

6 jam

§ Buku paket
§ Lingkung-an sekitar
§ Benda-benda di sekitar
§ VCD Nabi Ibrahim
§ LKS


Standar Kompetensi  :  2. Membiasakan akhlak terpuji

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1
2
3
4
5
6
7
2.1.        Membiasakan sifat disiplin dan hidup bersih dalam kehidupan sehari-hari
§  Pengertian disiplin dan hidup bersih
§  Disiplin di rum-ah, Madrasah dan tempat ibadah
§  Cara merawat badan, pakaian dan tempat
§  Mandi, gosok gigi dan kera-mas serta setelah buang air kecil atau besar
§  Mencuci, men-jemur pakaian, menyeterika dan melipat pakaian
§  Menyapu, me-ngepel dan mem bersihkan debu
§  Membahas pengertian disiplin dan hidup bersih melalui bertanya jawab
§  Mendata perbuatan yang harus di-kerjakan secara disiplin (di rumah, Madrasah dan tempat ibadah)
§  Mencari contoh sikap disiplin (di rumah, Madrasah dan tempat ibadah) melalui presentasi hasil kerja.
§  Membahas tata cara merawat badan, pakaian dan tempat
§  Mencari contoh perbuatan hidup bersih (badan, pakaian dan tempat)
§  Mengerjakan LKS
§  Membahas keuntungan memiliki sikap disiplin dan hidup bersih bagi dirinya dan orang lain melalui kerja berpasangan dan presentasi hasil kerja
§  Membahas akibat tidak disiplin dan tidak hidup bersih bagi dirinya dan orang lain melalui kerja berpasangan dan presentasi hasil kerja
§  Membahas etika mandi, gosok gigi dan keramas serta setelah buang air kecil atau besar.

§  Membahas tat cara mencuci, menjemur pakaian, menyeterika dan melipat pakaian.
§  Praktek menyapu, mengepel dan membersihkan debu.
§  Mengerjaka LKS
§  Mengartikan disiplin dan hidup bersih
§  Menunjukkan contoh sikap disiplin (di rumah, Madrasah dan tempat ibadah)
§  Menunjukkan contoh perbuatan hidup bersih
§  Menunjukkan keuntungan memiliki sikap disiplin dan hidup bersih
§  Menunjukkan akibat tidak disiplin dan tidak hidup bersih
§  Mempraktekkan sikap disiplin (di rumah, Madrasah dan tempat ibadah)
§  Mempraktekkan hidup bersih (badan, pakaian dan tempat)
Jenis:
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Bentuk: 
Isian
Uraian
Perfor mance
Unjuk kerja
6 x 40’
Buku paket
Hasil kerja siswa
LKS
TTS

2.2.        Membiasakan berakhlak baik ketika mandi, ti dur dan buang air be sar/kecil dalam kehi dupan se-hari-hari
§  Adab ketika akan mandi, buang air besar/kecil
§  Do’a ketika akan masuk ke kamar mandi
§  Adab setelah mandi, buang air besar/kecil
§  Do’a ketika keluar dari kamar mandi
§  Adab ketika mandi, buang air besar/kecil
§  Manfaat adab ke tika mandi, buang air besar/kecil
§  Adab ketika akan tidur
§  Do’a akan tidur
§  Adab ketika bermimpi
§  Do’a ketika bermimpi
§  Adab ketika bangun tidur
§  Do’a bangun tidur
§  Manfaat adab ketika tidur
§  Kerja berpasangan membahas adab ketika akan mandi, buang air besar/kecil
§  Menghafal do’a ketika akan masuk ke kamar mandi
§  Kerja berpasangan membahas adab ketika mandi, buang air besar/kecil
§  Berbagi pengalaman dan kerja berpasangan tentang adab setelah mandi, buang air besar/kecil melalui
§  Menghafal do’a ketika keluar dari kamar mandi
§  Mencari contoh dan sosio drama mempraktekkan adab ketika mandi, buang air besar/kecil
§  Kerja berpasangan dan tanya jawab tentang manfaat beradab secara Islami ketika mandi, buang air besar/kecil
§  Berbagi pengalaman dan kerja berpasangan Menyebutkan adab ketika akan tidur
§  Menghafal do’a akan tidur
§  Berbagi pengalaman dan kerja berpasangan membahas adab ketika tidur (bermimpi) melalui
§  Menghafal do’a ketika bermimpi
§  Berbagi pengalaman dan kerja berpasanga tentang adab ketika bangun tidur
§  Menghafal do’a bangun tidur
§  Diskusi kelompok tentang manfaat berakhlak baik ketika tidur
§  Membuat rangkuman
§  Menyebutkan etika ketika akan mandi, buang air besar/kecil
§  Menyebutkan etika ketika mandi, buang air besar/kecil
§  Menyebutkan etika setelah mandi, buang air besar/kecil
§  Menyebutkan do’a akan masuk dan keluar kamar mandi
§  Menjelaskan manfaat berakhlak baik ketika mandi, buang air besar/kecil
§  Menyebutkan etika ketika akan tidur
§  Menyebutkan adab ketika tidur (bermimpi)
§  Menyebutkan etika ketika bangun tidur
§  Menyebutkan do’a sebelum dan sesudah tidur
§  Menjelaskan etika ketika tidur
Jenis:
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Bentuk: 
Isian
Uraian
Perfor mance
Hafalan

6 x 40’
Buku paket 
Pengalaman siswa



Standar Kompetensi  : 3. Menghindari akhlak tercela

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1
2
3
4
5
6
7
3.1  Membiasakan diri untuk menghindari  hidup kotor dalam kehidupan sehari-hari
§  Pengertian ahlak tercela
§  Pengertian hidup kotor
§  Jenis perbuatan yang termasuk hidup kotor
§  Cara menghindari hidup kotor
§  Nilai positif dari sikap menghindari hidup kotor bagi dirinya dan orang lain
§  Nilai negatif akibat tidak menghindari hidup kotor bagi dirinya dan orang lain
§  Mengartikan akhlak tercela melalui bertanya jawab dan kerja berpasangan tentang nama lain dari ahlak tercela.
§  Bertanya jawab tentang arti hidup kotor
§  Mendata perbuatan yang termasuk hidup kotor (mengamati kehidupan pemulung)
§  Menyebutkan contoh perbuatan hidup kotor melalui tanya jawab
§  Menceritakan cara menghindari perbuatan yang termasuk hidup kotor
§  Menunjukkan contoh perbuatan cara menghindari hidup kotor
§  Menunjukkan keuntungan memiliki sikap menghindari hidup kotor bagi dirinya dan orang lain melalui diskusi kelompok dan presentasi hasil kerja
§  Menunjukkan akibat tidak menghindari hidup kotor bagi dirinya dan orang lain melalui diskusi kelompok, dan bermain dengan TTS

§  Menjelaskan pengertian  akhlak tercela
§  Menjelaskan pengertian hidup kotor
§  Menyebutkan contoh perbuatan hidup kotor
§  Menunjukkan contoh cara menghindari hidup kotor
§  Menunjukkan keuntungan memiliki sikap menghindari hidup kotor
§  Menunjukkan akibat hidup kotor
Jenis:
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Bentuk: 
Isian
Uraian
Performance

4 jam

§ Buku paket
§ Hasil kerja siswa
§ TTS




......... , …………………
Mengetahui,                                                                                                                         Guru Mata Pelajaran,
Kepala Madrasah




_________________                                                                                                          ________________________
NIP./NRK.                                                                                                                 NIP./NRK.

Rounded Rectangle: S I L A B U S

MATA PELAJARAN:
AQIDAH AKHLAK
KELAS I SEMESTER 2

SILABUS

Nama Madrasah           : MI/MIS
Mata Pelajaran              : Akidah-Akhlak
Kelas/Semester            : I (satu)/ II

Standar Kompetensi  : 4. Memahami kalimat thayyibah (basmalah) dan Al-Asma al-Husna (Ar Rohman, ar Rohiim dan As         Sami’)

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1
2
3
4
5
6
7
4.1. Mengenal Allah melalui kalimat thayyibah (basmalah)
§  Pengertian kalimat thayyibah basmalah
§  Arti kalimat basmalah
§  Penggunaan basmalah
§  Keistimewaan mengucapkan kalimat basmalah
§  Akibat tidak membaca basmalah

§  Mengartikan kalimat thayyibah melalui bertanya jawab
§  Menirukan ucapan guru melafalkan kalimat basmalah
§  Menyanyikan lagu basmalah
§  Kerja berpasangan mengartikan kalimat basmalah 
§  Mengidentifikasi penggunaan kalimat basmalah
§  Menunjukkan contoh penggunaan kalimat basmalah
§  Bermain dengan TTS
§  Kerja berpasangan dan tanya jawab membahas keistimewaan basmalah
§  Membahas akibat tidak membaca basmalah ketika akan melakukan sesuatu.

§  Menunjukkan pengertian kalimat thayyibah basmalah
§  Mengartikan basmalah
§  Menunjukkan contoh penggunaan kalimat basmalah
§  Menjelaskan keistimewaan mengucapkan  basmalah
§  Menjelaskan akibat tidak membaca basmalah ketika akan melakukan sesuatu.

Jenis:
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Bentuk: 
Isian
Uraian
Performance

4 jam
Buku paket
Lagu basmalah
TTS
Hasil kerja siswa


§  Perbuatan yang harus dimulai dengan mem-baca basmalah
§  Perbuatan yang tidak harus dimulai dengan basmalah.

§  Mengidentifikasi perbuatan yang harus dimulai dengan membaca basmalah.
§  Mengidentifikasi perbuatan yang tidak harus dimulai dengan basmalah




4.2.        Mengenal sifat-sifat Allah (Ar Rohman, ar Rohiim dan As Sami’) Melalui Kisah Nabi Sulaiman dengan tentara semut
§  Arti Ar Rohman, ar Rohiim dan As Sami’
§  Kisah Nabi Sulaiman a.s. dengan tentara semut
§  Kasih sayang orang tua kepada anaknya
§  Kasih sayang induk hewan kepada anaknya
§  Cara Allah menumbuhkan pohon
§  Membaca refrensi tentang sifat Ar Rohman, Ar Rohiim dan As Sami’
§  Kerja berpasangan mengartikan 3 Al-Asma Al-Husna Ar Rohman, ar Rohiim dan As sami’
§  Kerja berpasangan dan bermain dengan kartu Al-Asma Al-Husna untuk menghafalkan 3 Al-Asma Al-Husna Ar Rohman, ar Rohiim dan As Sami’
§  Menyaksikan tayangan VCD tentang Nabi Sulaiman a.s
§  Mengambil pelajaran  dari kisah Nabi Sulaiman a.s. dengan tentara semut melalui tayangan VCD
§  Menemukan contoh sederhana bahwa Allah memiliki sifat Ar Rohman, Ar Rohiim dan As Sami’ Allah melalui kasih sayang orang tua kepada anaknya (mulai mengandung, melahirkan sampai dewasa); induk hewan kepada anaknya; pertumbuh-an tanaman
§  Mengrejakan LKS
§  Melafalkan 3 Al-Asma Al-Husna Ar Rohman, ar Rohiim dan As Sami’
§  Mengartikan 3 Al-Asma Al-Husna Ar Rohman, Ar Rohiim dan As Sami’
§  Menghafalkan 3 Al-Asma Al-Husna Ar Rohman, Ar Rohiim dan As Sami’
§  Mengambil pelajaran  dari kisah Nabi Sulaiman a.s. dengan tentara semut
§  Menunjukkan contoh sederhana bahwa Allah memiliki sifat Ar Rohman, Ar Rohiim dan As Sami’ melalui hasil ciptaan-Nya
Jenis:
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Bentuk: 
Isian
Uraian
Performance

8 jam
Buku paket
Kartu Al-Asma Al-Husna
VCD kisah Nabi Sulaiman a.s
Keluarga
Hewan
Tumbuhan
LKS






Standar kompetensi  : 5. Membiasakan akhlak terpuji

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1
2
3
4
5
6
7
5.1.Membiasakan sikap ramah dan sopan santun dalam kehidupan sehari-hari. 
§  Pengertian sikap Ramah dan sopan santun
§  Contoh sikap ramah dan sopan santun
§  Cirri-ciri  orang yang Ramah dan sopan santun
§  Hikmah sikap Ramah dan sopan santun
§  Dampak negatif tidak Ramah dan sopan santun

§  Membahas pengertian ramah dan sopan santun
§  Mengidentifikasi perbuatan yang termasuk sikap ramah dan sopan santun
§  Menemukan contoh sikap Ramah dan sopan santun kepada orang tua dan keluarga, guru dan teman
§  Bermain dengan TTS
§  Mengamati pemodelan tentang cirri-ciri  orang yang Ramah dan sopan santun
§  Kerja berpasangan membahas cirri-ciri  orang yang ramah dan sopan santun
§  Membahas hikmah memiliki sikap Ramah dan sopan santun bagi dirinya dan orang lain melalui kerja berpasangan dan presentasi kerja
§  Membahas akibat tidak ramah dan sopan santun baik bagi dirinya maupun orang lain melalui kerja berpasangan
§  Praktek bersikap ramah dan sopan santun dirumah
§  Praktek bersikap ramah dan sopan santun di Madrasah
§  Mengerjakan LKS

§  Menjelaskan pengertian ramah dan sopan santun
§  Menyebutkan contoh ramah dan sopan santun
§  Menjelaskan cirri-ciri  orang yang Ramah dan sopan santun
§  Menjelaskan hikmah memiliki sifat Ramah dan sopan santun
§  Menjelaskan akibat tidak ramah dan sopan santun bagi dirinya maupun orang lain
§  Mempraktekkan sikap Ramah dan sopan santun
Jenis:
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Bentuk: 
Isian
Uraian
Unjuk kerja

6 jam
Buku paket
Prilaku siswa
TTS
LKS
5.2.Membiasakan berakhlak baik ketika berbicara dan meludah dalam kehidupan sehari-hari.
§  Etika berbicara kepada orang yang lebih tua
§  Etika berbicara kepada teman sebaya dan kepada adik
§  Etika ketika meludah
§  Dampak negatif tidak berakhlak baik ketika meludah
§ Membaca refrensi tentang etika berbicara dan meludah secara individu
§ Mengamati pemodelan yang dilakukan siswa dengan gurunya
§ Kerja kelompok membahas etika berbicara kepada orang yang lebih tua (orang tua, guru, kakak)
§ Mengamati pemodelan yang dilakukan siswa
§ Kerja kelompok membahas etika berbicara kepada teman sebaya dan kepada adik
§ Mengerjakan LKS
§ Mengamati pemodelan yang dilakukan oleh temannya
§ Kerja berpasangan membahas etika ketika meludah
§ Diskusi tentang dampak negatif tidak berakhlak baik ketika berbicara dan
§ Mengerjakan LKS
§ Menjelaskan pengertian etika berbicara dan meludah
§ Menyebutkan etika berbicara kepada orang yang lebih tua (orang tua, guru, kakak)
§ Menyebutkan etika berbicara kepada teman sebaya dan kepada adik
§ Menyebutkan adab ketika meludah
§ Menjelaskan dampak negatif tidak berakhlak baik ketika meludah
§ Menunjukkan etika berbicara dan meludah
Jenis:
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Bentuk: 
Isian
Uraian
Performance

8 jam
Buku paket
Pengalaman siswa
TTS
LKS


Standar Kompetensi  : 6. Menghindari akhlak tercela

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1
2
3
4
5
6
7
6.1.Membiasakan diri untuk menghindari berbicara jorok/kotor dan bohong dalam kehidupan sehari-hari.
§  Pengertian ucapan/pembicaraan jorok/kotor dan bohong
§  Contoh ucapan/pembicaraan jorok/kotor dan bohong
§  Cara menghindari ucapan/pembicaraan jorok/kotor dan bohong
§  Dampak negatif berbicara jorok/kotor dan bohong
§  Mengartikan ucapan/pembicaraan jorok/kotor dan bohong melalui kerja berpasangan
§  Mendata ucapan/pembicaraan jorok/kotor dan bohong melalui kerja berpasangan
§  Mengamati pemodelan tentang contoh berbicara jorok/kotor dan bohong
§  Menunjukkan contoh berbicara jorok/kotor dan bohong
§  Diskusi tentang cara menghindari berbicara jorok/kotor dan bohong kelompok tentang melalui tanya jawab
§  Mengerjakan LKS



§  Menjelaskan pengertian ucapan/pembicaraan jorok/kotor dan bohong
§  Menunjukkan contoh berbicara jorok/kotor dan bohong
§  Menjelaskan cara menghindari berbicara jorok/kotor dan bohong
§  Menjelaskan cara menghindari berbicara jorok/kotor dan bohong
§  Menjelaskan dampak negatif berbicara jorok/kotor dan bohong
Jenis:
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Bentuk: 
Isian
Uraian
Performance

6 jam
Buku paket
Pengalaman siswa
TTS
LKS





......... , …………………
Mengetahui,                                                                                                             Guru Mata Pelajaran,
Kepala Madrasah




_________________                                                                                              ________________________
NIP./NRK.                                                                                                                 NIP./NRK.